Di sepanjang rel kereta api biasanya terdapat batu kerikil yang terletak
di bawah dan pada samping kanan dan kiri rel kereta api. Mengapa
sengaja ditaruh dan apa fungsinya?
1. Fungsi batu kerikil pada rel kereta api adalah sebagai bantalan
pemberat. Dengan adanya lapisan batu kerikil ini rel dapat tetap berdiri
dengan stabil. Sehingga kereta api yang berjalan di atasnya pun dapat
berjalan dengan baik.
2. Batu kerikil ini juga berfungsi untuk
menyerap getaran (shock absorber) yang terjadi ketika kereta api tengah
lewat. Sehingga goncangan yang terjadi ketika kereta api melintas dapat
dikurangi. Dan rel kereta api pun tidak cepat rusak dan dapat digunakan
untuk waktu yang lama.
3. Fungsi berikutnya yaitu untuk menahan
dan memperlancar aliran air di saat hujan. Fungsi ini berperan untuk
mencegah terjadinya pengikisan tanah atau erosi pada tanah di sekitar
rel kereta api.
4. Dan yang terakhir, batu kerikil juga berfungsi
untuk menghambat tumbuhnya rerumputan di sekitar rel. Tumbuhnya
rerumputan di sekitar rel dapat dapat secara langsung maupun tidak
langsung menyebabkan penggemburan tanah di bawahnya. Hal ini tentunya
dapat membahayakan karena jika tanah di bawah rel tidak stabil maka akan
dapat membahayakan perjalanan kereta api.
Tapi ada beberapa tempat yang tidak ada batu kerikil seperti foto di bawah ini.
Memang, ada posisi-posisi tertentu tidak perlu batu kerikil, seperti rel
kereta api yang terdapat di atas jembatan atau jalan raya. Hal ini
terjadi karena semua fungsi dari batu kerikil tadi sudah diambil alih
fungsinya oleh mekanisme lain.
Jembatan sudah dirancang khusus
sedemikian rupa supaya dapat menahan getaran yang akan terjadi yang
dihasilkan ketika kereta melintas. Demikian pun dengan rel kereta yang
terdapat pada jalan raya, jalan aspal telah menggantikan peranan batu
kerikil dengan baik. Sehingga pada tempat-tempat tersebut, tidak
diperlukan lagi batu kerikil untuk diletakkan di bawah rel kereta api.!!
skip to main |
skip to sidebar
Rabu, 28 November 2012
Artikel Terbaru
Blog Archive
-
▼
2012
(44)
-
▼
November
(14)
- Mengapa Rel Kereta Api Banyak Batu Kerikil?
- Resep Bika Ambon
- Resep Cucur
- Resep Ongol-Ongol
- Resep Kue Kochi
- Resep Padamaran
- Resep Jojorang Lapis
- Resep putu Mayang Warna Warni
- Resep Kue Ku Ketan Hitam
- Resep Koyabu
- Resep Kue Pisang Gula merah
- Resep Serabi Solo
- Resep Misro Kacang Hijau
- Resep Putri Selat
-
▼
November
(14)
Labels
- adap (2)
- ayat kursi (1)
- Biodata (4)
- biografi ziyaziio (1)
- cerita lucu (1)
- cerita sedih (1)
- curcol (3)
- Do'a Qunut (1)
- foto-foto (2)
- gombal (1)
- kata-kata mutiara (4)
- Kontes (1)
- mbolang euyy.. :D (1)
- Nasehat (3)
- pengetahuan (6)
- puisi (2)
- Resep (16)
- SMS Cinta (1)
- sms lucu (1)
- tips (27)
0 komentar:
Posting Komentar