Rabu, 09 Januari 2013

Manfaat Daun Kemangi



Daun kemangi ini memiliki manfaat yang beragam bila digunakan untuk kesehatan. Daun kemangi memiliki manfaat untuk menghilangkan bau badan atau bau mulut. Anda punya masalah dengan itu? maka konsumsilah daun kemangi setiap hari secara rutin. Tetapi bila anda tidak suka dengan rasa dari daun kemangi ini, maka anda bisa mengakalinya dengan mengambil air perasan nya saja kemudian campur dengan daun kunyit dan daun beluntas, setelah itu tinggal diminum setiap hari secara rutin.

Dalam sebuah buku yang berjudul “A Dictionary of Practical Material Medical” dari John Henry M. menyebutkan bahwa daun kemangi dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti gangguan pada vagina, nyeri payudara, menyembuhkan diare hingga mengatasi batu ginjal dan albuminaria.

Lalu dilanjutkan oleh penelitian Universitas Purdue di AS, hasilnya mengatakan bahwa daun kemangi bisa untuk mengatasi flu, cacingan, sakit kepala, sembelit, diare, hingga penyakit ginjal.

Tidak hanya sampai disitu, penelitian itu juga membuktikan bahwa daun kemangi bisa untuk menyembuhkan perut kembung, maag, badan lesu, masuk angin hingga kejang2. Aroma dari daun kemangi sangat khas, sehingga bisa juga digunakan sebagai obat nyamuk.

Daun kemangi juga sering disuling, hal itu disebabkan karena daun kemangi mengandung minyak atsiri golongan tinggi dan akan hilang dalam 24 jam bila dioleskan pada tubuh. Minyak atsiri itulah yang sering digunakan sebagai minyak pijat aroma, karena bisa membuat tubuh kita menjadi lebih segar dan meringankan rasa sakit. Tetapi perlu diperhatikan, bila anda sedang dalam hamil, jangan gunakan minyak atsiri ini karena bisa menyebabkan keguguran.

Daun kemangi masih memiliki manfaat lain yaitu untuk mengatasi infeksi usus, demam, radang lambung, saki kepala dan muntah2. Daun kemangi ini juga mengandung zat Eugenol dan Apigenin fenkhona yang dapat mempermudah ereksi, dan zat arginin untuk mencegah kemandulan.

0 komentar:

Posting Komentar